Menggunakan FTP

Mencoba WS_FTP

Pada hakekatnya, menggunakan FTP atau File Transfer Protocol ini bukan suatu keharusan untuk di kuasai oleh pengguna Internet kebanyakan, karena sebenarnya FTP cenderung lebih ke pengguna yang sudah cukup mahir dengan Internet dan ada kebutuhan untuk transfer data dari lokal komputer ke server.  Disini akan di coba perkenalkan program FTP, yaitu WS_FTP dan Cute FTP. Alasannya karena banyak di gunakan, baik yang versi Lite (gratis) maupun versi yang full version.

Setting WS_FTP

WS_FTP menawarkan desain antar muka yang cukup mudah digunakan bagi para pemula dan sekaligus juga fitur yang poerfull untuk pengguna lanjutan. Secara umum, tampilan antar mukanya adalah bagian jendela sebelah kiri menampilkan informasi komputer lokal, sednagkan paruh kanan jendela menampilkan informasi komputer tujuan (server) di Internet.

  1. Setelah menginstal WS_FTP, tekan dua kali pada icons WS_FTP dan kita akan di bawa ke tampilan [Configurasi Sites]. Tekan tombol [New] untuk membuat setingan situs FTP baru agar tidak perlu mengisikan ulang setiap kali akan menggunakannya.
  2. Masukkan nama lengkap alamat situs FTP kita, misalnya Situs FTP ku, setelah itu klik tombol [Next>] untuk melanjutkan ke langkah berikutnya. Ini hanyalah nama untuk mudah kita ingat.
  3. Sekarang masukkan alamat sebenarnya dari situs FTP kita sesuai dengan data yang telah di berikan oleh provider, misalnya ftp.namadomain.com atau www.domain.com, kemudian tekan tombol [Next>] untuk melanjutkan.
  4. Masukkan Username dan Password yang sudah di berikan ke kolom yang ada dan pastikan mencentang pilihan [Save Password] agar tidak selalu di tanyakan password di kemudian hari. Setelah itu, tekan tombol [Finish] untuk mengakhirkan proses setting ini.
  5. Untuk memulai koneksi ke FTP server kita, silahkan pilih setting itu dan tekan tombol [OK]. Setelah koneksi terbentuk, maka di paruh kanan jendela tampilan kita akan muncul daftar file dan folder yang ada di account FTP itu, dan pertama kali kita akan masuk ke posisi paling awal atau root folder (/)

 Upload File

Untuk mengirimkan file dari komputer lokal ke komputer target, pilihlah file-file yang ada di folder lokal komputer yang ada di jendela kiri tampilan, kemudian tekan tombol [->] dan segera desain antar muka yang cukup mudah di gunakan bagi para pemula dan sistem akan bekerja untuk mengirimkan file pilihan kita ke komputer target. Apabila transfer file telah selesai, maka pesan akan muncul di bagian bawah jendela tampilan dengan pesan File Sent OK dan bila speaker komputer dalam posisi On, maka akan terdengar suara yang menandakan selesainya proses transfer.

 Download File

Untuk mendownload file dari komputer target ke komputer lokal kita, caranya mirip dengan upload, hanya saja kebalikannya. Pilih filenya di parah kanan jendela tampilan, dan setelah selesai, tekan tombol [<-] untuk memulai proses downloadnya.

 Mengganti Nama File

Untuk mengganti nama file tertentu, caranya mudah saja. Pilih nama file yang akan di ganti, kemudian tekan tombol [Rename], makan akan muncul jendela baru dengan nama file lama dan bisa kita ganti dengan nama file baru, setelah di ganti, tekan tombol [OK] dan proses penggantian nama sudah selesai.

 Membuat Folder Baru

Untuk membuat folder baru atau folder di bawah folder lain (sub folder), kita tinggal menekan tombol [MkDir] dan kembali akan muncul jendela  yang menawarkan kita untuk memasukkan nama folder yang ingin dibuat, kemudian tekan tombol [OK] untuk memastikannya.

Jangan lupa, untuk memperdalam pengetahuan Anda, baca ulasan tentang pengertian domain dan layanan domain murah disini.

web hosting murah indonesia

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>