Penggunaan CuteFTP

Setelah kita mendaftar pada salah satu server, maka langkah terakhir supaya halaman web Anda dapat dilihat semua orang adalah upload atau mengirim file ke web server.

FTP singkatan dari File Transfer Protocol. Yaitu sebuah protokol –tata cara komunikasi di jaringan komputer– untuk mengirimkan/menerima file dari sebuah komputer ke komputer lain.

FTP dipakai untuk men-transfer/upload file dokumen web berupa html, gambar, video, script, dsb dari komputer lokal ke sebuah server web hosting.

Ada dua macam cara yang digunakan untuk mengirim file ke web server, yaitu langsung melalui browser atau melalui FTP (File Transfer Protocol). Untuk itu Anda harus mengetahui cara mana yang didukung oleh web server Anda. Sekedar contoh, www.homepage.com menggunakan browser untuk upload, www.virtualave.net menggunakan FTP sedangkan untuk www.tripod.com bisa menggunakan browser atau FTP. Yang akan dibahas di sini adalah mengirim file dengan menggunakan FTP

Pada kesempatan ini kita akan membahas aplikasi FTP bernama CuteFTP. Sebenarnya memakai CuteFTP tidak jauh berbeda dengan WS_FTP, hany saja tampilan antar muka yang memang sedikit berbeda. Ada sebagian pengguna yang lebih suka menggunakan CuteFTP karena terasa lebih enak dipakai. Tentu saja ini tergantung selera masing-masing orang.

Setting CuteFTP

Untuk melakukan setting, jalankan dulu program CuteFTP, dan apabila tampilan [Site Manager] tidak muncul di layar, panggillah dengan memilih menu dan menekan [FTP à Site Manager] Setelah itu, tekan tombol [Add Site] untuk menambahkan setingan situs FTP baru.

Masukkanlah nama situs FTP yang mudah kita ingat pada kolom isian [Site Label] dan kemudian masukkan alamat situs FTP yang sebenarnya ke dalam kolom isian [Host Address], setelah itu masukkan username accoount FTP pada kolom isian [User ID] dan passwordnya pada kolom isian [Password]. Setelah itu, pastikan menyimpan settingan dengan menekan tombol [OK].

Maka kita akan di bawa menuju tampilan [FTP Site Manager] lagi dan setting situs FTP yang baru kita buat tadi akan muncul di sana.

Untuk menggunakan setting situs FTP yang baru di buat, pilihlah nama setting tersebut, kemudian tekan tombol [Connect], maka CuteFTP akan menampilkan kayar dengan 2 kolom.

Upload dengan CuteFTP

Untuk melakukan setting, jalankan dulu program CuteFTP, dan apabila Konfigurasi lain masih ada namun bersifat pilihan saja, tidak harus dilakukan settingan. Jadi disini kita tidak akan bahas detailnya. Setelah koneksi terbentuk, makan tampilan muncul 2 windows dan kita siap u ntuk proses transfer file. Langkah-langkah upload file adalah dengan :

  1. Mencari file yang ingin kita upload (lokasi kita saat ini adalah di posisi dimana letak file atau folder yang mau kita upload berada. Contoh c:\simplenet), dan untuk naik satu tinggat folder, bisa dengan tekan tombol [Up Directory] yang ada di sebelah kanannya.
  2. Setelah itu, pastikan juga lokasi di komputer target apakah sesuai dengan yang kita inginkan, misalnya contoh lokasinya di /Documents.
  3. Pilihlah mode untuk proses transfer filenya, apakah text mode atau binary mode, setting tersebut bisa di lakukan dengan memilih menu [FTP à Transfer Type] untuk transfer file jenis HTML atau teks biasa, pilih setting ASCII, kalau untuk file gambar, pilih setting Binary. Apabila kita tidak nyakin dengan file yang kita akan upload, bisa pilih setting Auto.
  4. Seperti di WS_FTP, pilih file yang akan di transfer, lalu tekan tombol icon berupa panah ke atas untuk upload data file atau tombol icon berupa panah ke bawah untuk proses download data file.

Jangan lupa, untuk memperdalam pengetahuan Anda, baca ulasan tentang pengertian hosting dan layanan hosting murah disini.

paket hosting murah

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*

You may use these HTML tags and attributes: <a href="" title=""> <abbr title=""> <acronym title=""> <b> <blockquote cite=""> <cite> <code> <del datetime=""> <em> <i> <q cite=""> <strike> <strong>